Batik

Batik merupakan kerajinan khas Indonesia yang telah ada dan terus berkembang sejak awal abad 19. Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa, “tik”, yang memiliki arti titik atau mantik yang kemudian berubah menjadi “batik”. Pembuatan corak batik pada kain diproses menggunakan cairan “malam” yang dilukis dengan alat bernama “canting” agar lilin tersebut (Read More) dapat menyerap ke dalam serat kain. Setelah motif terukir, kain tersebut dikeringkan dan kemudian berlanjut ke proses pencelupan dimana kain yang bercorak dicelupkan ke dalam warna. Lalu, kain yang telah diwarnai direbus di air mendidih untuk melepaskan bekas “malam” pada kain dan melekatkan warna untuk menghindari kelunturan. Melihat dari banyaknya langkah-langkah yang harus dilakukan, batik dapat dilihat sebagai salah satu kreasi seni Indonesia yang unik dan wajib dilestarikan untuk diwariskan ke generasi-generasi mendatang.

Terdapat beragam tipe batik yang dibedakan berdasarkan teknik pembuatan, daerah asalnya, beserta coraknya yang memiliki kekhasan masing-masing. Dari teknik pembuatan, batik tulis, yang motifnya diukir dengan tangan dan memakan waktu hingga 3 bulan, tentunya memiliki hasil yang berbeda dengan batik cap, dimana corak batiknya dicap menggunakan cap tembaga. Sama halnya dengan batik yang datang dari daerah yang berbeda, batik-batik tersebut tentunya memiliki perbedaan motif yang mewakili tradisi dan budaya daerah asalnya. Contohnya adalah batik Jawa yang coraknya merupakan bentuk penghormatan terhadap para leluhurnya. Sedangkan, batik Cirebon memiliki motif Megamendung, yang melambangkan pembawa kesuburan dan sumber kehidupan.

Sebagian besar orang melihat batik sebagai pakaian yang formal, kuno, dan terlalu tradisional untuk dikenakan sehari-hari. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, model baju batik juga ikut berubah dengan munculnya banyak gaya baju batik modern yang dapat dikenakan sebagai pakaian kasual sehari-hari maupun untuk acara-acara semi-formal dan formal seperti acara kantor ataupun untuk menghadiri undangan resmi seperti pesta pernikahan. Maka dari itu, baju batik menjadi incaran para wanita dan pria yang banyak dicari di toko batik online, toko online pada umumnya, dan outlet-outlet di pusat perbelanjaan. Di toko-toko tersebut tersedia beragam model, desain, dan warna yang dapat diserasikan dengan selera gaya para pemakainya dan juga dapat disesuaikan dengan situasi tempat atau acara yang akan dihadiri.

Untuk pakaian kasual, celana kulot dengan motif dan warna batik yang terlihat modern cocok untuk dikenakan dengan atasan t-shirt atau blouse polos yang nyaman dan pantas untuk dikenakan saat menjalani banyaknya aktivitas. Selain itu, baju batik dengan model peplum layak untuk dipakai wanita untuk bekerja dan untuk para pria, baju kemeja batik bertangan pendek dengan corak batik yang dikombinasi pantas untuk dipakai ke kantor.

Tetapi, batik paling sering dikenakan ke acara formal seperti menghadiri undangan pernikahan. Wanita biasanya menggunakan kain batik sebagai rok yang dipadukan dengan blouse, kebaya dengan bawahan kain batik, atau dress modern bermotif batik. Sedangkan untuk para pria, kemeja batik yang mereka kenakan umumnya memiliki material satin dan berlengan panjang untuk tampil formal dan sopan.

Karena baju batik sangat fleksibel untuk dikenakan kapanpun dan dimanapun, pakaian ini mudah untuk dipasangkan dengan berbagai aksesoris mulai dari sepatu, tas tangan, kalung, dan lain sebagainya dengan memperhatikan perpaduan warna dan model. Temukan beragam model batik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda di toko-toko yang menjual batik online maupun offline. (Read Less)

  • Women
VIEW ALL
  • Men
VIEW ALL