Bobo 10

10 Makanan Pembawa Keberuntungan untuk Tahun Baru

Blog_Template

Menyambut Tahun Baru, tidak ada salahnya menyantap salah satu makanan ini.

Makanan memang tidak ada hubungannya dengan nasib, tapi di negara-negara ini, ada makanan wajib yang harus ada saat mereka merayakan tahun baru.

1. Anggur

new-years-food-traditions-12-grapes-of-luck
Via Hallmark

Dimulai di tahun 1909 saat Spanyol mengalami surplus anggur, tradisi tahun baru di negara ini adalah melahap satu buah anggur setiap dentangan jam di pukul 12 malam. Masing-masing anggur mewakili satu bulan dalam setahun. Jika misalnya anggur ketiga rasanya asam, artinya Anda akan mengalami kesialan di bulan Maret. Tradisi ini kemudian juga diikuti oleh Portugal, Venezuela, Cuba, Meksiko, Ekuador, dan Peru. Di Peru, jumlah anggur yang dimakan adalah 13, dengan satu anggur yang dimakan terakhir sebagai “cadangan keberuntungan”.

2. Sayuran Hijau

FNK_KALE-APPLE-SALAD_s4x3.jpg.rend.sni18col
Via Food Network Blog

Di Denmark, sajian yang harus ada saat tahun baru adalah kale yang ditaburi garam dan kayu manis. Beberapa negara lain, seperti Jerman dan Amerika Serikat, juga memastikan ada sayuran hijau di sajian tahun baru mereka. Bukan demi alasan kesehatan saja, tapi juga karena warna hijau adalah simbol kekayaan. Semakin banyak sayuran hijau yang dikonsumsi di malam tahun baru dipercaya akan membuat kita semakin banyak mendapatkan rezeki selama setahun ke depan.

3. Lentil

new-years-food-traditions-lentils
Via Hallmark

Bahan makanan dari famili kacang-kacangan yang berbentuk lebar dan pipih ini dianggap mirip koin sehingga sejak era kerajaan Romawi makanan ini dipercaya sebagai pembawa nasib baik terutama dalam hal keuangan jika dimakan di malam tahun baru. Di Italia, lentil biasanya disajikan dengan sosis atau daging babi dan dimakan tepat setelah jam berdentang 12 kali. Di Jerman, lentil dijadikan sup, sementara di Brasil disajikan bersama nasi.

4. Ikan

baccala-veneziana
Via Soffritto

Beberapa negara memiliki tradisi makan ikan sebagai pembawa keberuntungan di tahun baru, namun jenis ikannya berbeda-beda. Di Itali, baccalà alias sejenis ikan kod yang diasinkan, biasanya disajikan selama satu minggu dari Natal hingga tahun baru. Polandia dikenal dengan hidangan akhir tahun yang cukup unik, yaitu acar ikan herring. Jerman tidak hanya mengonsumsi ikan carp di tahun baru, tapi juga menyimpan sisiknya di dalam dompet untuk keberuntungan. Sedangkan di Jepang, hidangan tahun baru terdiri dari kombinasi berbagai seafood, seperti telur ikan herring sebagai simbol kesuburan, udang untuk umur panjang, dan sarden kering untuk panen yang sukses.

5. Mie Panjang

chinese-new-year-food-symbolism-noodles-long-life
Via Swide

Di China dan Jepang, mie adalah masakan pembawa keberuntungan yang dikonsumsi di malam tahun baru. Syaratnya, mie yang disajikan harus dalam keadaan panjang utuh dan tidak terpotong-potong. Inilah kenapa masakan mie tahun baru di China dan Jepang biasanya ditumis, bukan direbus, untuk mencegah mie agar tidak mudah patah.

6. Kacang Polong dan Black Eyed Peas

New-Years-Black-Eyed-Peas-and-Greens-03_thumb
Via Making Thyme for Health

Dahulu kala saat Perang Saudara masih berlangsung di Amerika bagian Selatan, banyak penduduk yang kelaparan akibat penjarahan makanan yang dijadikan ransum perang. Mereka akhirnya menemukan tanaman kacang polong dan black eyed peas (kacang hitam), dan inilah yang membuat mereka bisa bertahan hidup. Sejak itu, setiap tahun baru, kacang polong dan black eyed peas menjadi masakan wajib karena dianggap sebagai simbol keberuntungan.

7. Vasilopita

vasilopita-2-of-3-1024x819
Via Tara’s Multi Cultural Table

Kue khas Yunani ini adalah sejenis cake dengan bentuknya layaknya cake biasa. Yang istimewa, dalam proses pembuatannya, sebuah koin dimasukkan ke dalam adonan. Saat disajikan di malam tahun baru, orang yang mendapat potongan kue yang berisi koin tersebut dipercaya akan mendapat keberuntungan sepanjang tahun.

8. Rosca de Reyes

rosca-de-reyes-slices
Via Ginger and Bread

Mirip dengan vasilopita di Yunani, dessert khas Meksiko ini juga disisipi sesuatu di dalamnya. Bukan koin melainkan patung bayi Yesus. Rosca de Reyes disajikan bukan di malam tahun baru melainkan beberapa hari setelahnya, yaitu 6 Januari. Siapapun yang mendapat potongan kue berisi patung kecil bayi Yesus tersebut dianggap akan memiliki tahun yang baik. Tapi, ia juga mendapat tugas tambahan, yaitu menyediakan kue rosca de reyes untuk tahun depan.

9. Delima

PomegranateAndKnife-e-0529.jpg.638x0_q80_crop-smart
Via Mother Nature Network

Ada beberapa alasan mengapa delima menjadi buah pembawa keberuntungan di Turki saat tahun baru. Pertama, warnanya yang merah seperti warna jantung manusia melambangkan umur panjang dan kesuburan. Kedua, nutrisinya melambangkan kesehatan. Ketiga, bijinya yang bulat dianggap simbol kemakmuran. Ini adalah tiga hal yang diharapkan banyak orang setiap kali mengawali tahun baru.

10. Daging babi

Pork_233417650
Via Z Living

Banyak negara di Amerika Selatan menganggap babi sebagai daging pembawa keberuntungan di tahun baru. Ini karena secara umum, makanan yang dianggap membawa nasib baik adalah yang bentuknya bulat dan babi adalah hewan dengan bentuk badan bulat yang melambangkan kesejahteraan. Di Brazil, Venezuela, Chile, dan bahkan negara-negara Eropa seperti Italia, tidak ada pesta tahun baru yang tidak menyajikan babi, apapun bentuknya. Mulai dari sosis, ham, babi guling, bacon, pork belly, dan sebagainya.

Mumpung masih dalam suasana Tahun Baru, makanan apa yang akan menjadi makanan keberuntungan Anda? Atau jika Anda sekadar ingin menikmati makan enak sebagai post-New Year Dinner, lihat berbagai pilihan di sejumlah restoran dan kafe dengan penawaran menarik di sini.